PEMENTASAN SENI REOG PONOROGO.


     Reog modern biasanya dipentaskan dalam beberapa peristiwa seperti pernikahan, khitanan, hari-hari besar Nasional bahkan di jadikan fistifal Reog Nasional. Seni Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian tarian pembukaan.  Tarian pertama biasanya dibawakan oleh 6-8 atau lebih pria gagah berani dengan pakaian serba hitam, dengan muka dipoles warna merah. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani (warok).  Berikutnya adalah tarian yang dibawakan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda. Pada reog tradisionil, penari ini biasanya diperankan oleh penari wanita. Tarian ini dinamakan tari jathilan. Tarian pembukaan lainnya biasanya berupa tarian oleh anak kecil atau orang dewas yang membawakan adegan lucu dan peuh dengan atraksi-atraksi cukup berbahaya. tarian ini dinamakan tarian Bujang Ganong atau Ganongan.
     Setelah tarian pembukaan selesai, baru ditampilkan adegan inti yang isinya bergantung kondisi dimana seni reog ditampilkan. Jika berhubungan dengan pernikahan maka yang ditampilkan adalah adegan percintaan. Untuk hajatan khitanan atau sunatan, biasanya cerita pendekar.

       Adegan dalam seni reog biasanya tidak mengikuti skenario yang tersusun rapi. Disini selalu ada interaksi antara pemain dan dalang (biasanya pemimpin rombongan) dan kadang-kadang dengan penonton. Yang lebih dipentingkan dalam pementasan seni reog adalah memberikan kepuasan kepada penontonnya.



TOKOH-TOKOH DALAM PAGELARAN REOG PONOROGO.
     Ada beberapa tokok dalam tari Reog yaitu: Warok, Jathil, Bujang Ganong (Ganongan), Prabu Klana Sewandana, Barongan (Dadak merak).
  • WAROK
     Warok yang berasal dari kata wewarah adalah orang yang mempunyai tekad suci, memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih orang yang kaya akan wewarah. Artinya, seseorang menjadi warok karena mampu memberi petunjuk atau pengajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik. Warok adalah orang yang sudah sempurna dalam laku hidupnya, dan sampai pada pengendapan batin.

  • JATHIL
   
 Jathilan merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda yang sedang berlatih di atas kuda. Tarian ini dibawakan oleh penari di mana antara penari yang satu dengan yang lainnya saling berpasangan. Ketangkasan dan kepiawaian dalam berperang di atas kuda ditunjukkan dengan ekspresi atau greget sang penari.

Jathilan ini pada mulanya ditarikan oleh laki-laki yang halus, berparas ganteng atau mirip dengan wanita yang cantik. Gerak tarinya pun lebih cenderung feminin. Sejak tahun 1980-an ketika tim kesenian Reog Ponorogo hendak dikirim ke Jakarta untuk pembukaan PRJ (Pekan Raya Jakarta), penari jathilan diganti oleh para penari putri dengan alasan lebih feminin. Ciri-ciri kesan gerak tari Jathilan pada kesenian Reog Ponorogo lebih cenderung pada halus, lincah.

  • BUJANG GANONG (GANONGAN) 
     Bujang Ganong (Ganongan) atau Patih Pujangga Anom adalah salah satu tokoh yang enerjik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri sehingga disetiap penampilannya senantiasa di tunggu - tunggu oleh penonton khususnya anak - anak. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti.

  • PRABU KLANA SEWANDONO


      Prabu Klana Sewandana adalah seorang raja sakti mandraguna yang memiliki pusaka andalan berupa Cemeti yang sangat ampuh dengan sebutan Kyai Pecut Samandiman kemana saja pergi sang Raja yang tampan dan masih muda ini selalu membawa pusaka tersebut. Pusaka tersebut digunakan untuk melindungi dirinya. Kegagahan sang Raja di gambarkan dalam gerak tari yang lincah serta berwibawa.





  • BARONGAN (DADAK MERAK) 
     Barongan (Dadak merak) merupakan peralatan tari yang paling dominan dalam kesenian Reog Ponorogo. Bagian-bagiannya antara lain; Kepala Harimau (caplokan), Dadak merak, Krakap , merupakan aksesoris dan tempat menuliskan identitas group reog. Dadak merak ini berukuran panjang sekitar 2,25 meter, lebar sekitar 2,30 meter, dan beratnya 50-60 kilogram.


Personil Reog Singo Taruno Budoyo dari SMPN 1 PONOROGO.

2 komentar:

Copyright © 2013 BENANG MERAH and Blogger Templates - Anime OST.